Minggu, 08 April 2012

Tata Surya Dalam Benak kita, bag 3



1.      Mars
Nama yang disandang planet ini berasal dari nama dewa perang Romawi. Nama ini diinspirasi oleh penampilan planet ini yang berwarna merah. Sebelum diluncurkannya pesawat luar angkasa, orang percaya ada kehidupan di Mars. Bahkan kurang dari seabad yang lalu, disediakan hadiah (Guzman Prize) bagi siapapun yang berhasil melakukan kontak pertama dengan penghuni Mars. Tentu saja, sekarang sudah tidak ada lagi hadiah semacam ini.  Dari data yang dikumpulkan Mariner 9, Viking, Spirit, dan Mars Global Surveyor, masih belum ditemukan tanda-tanda kehidupan di sana. Namun diduga dulu di Mars pernah terjadi banjir yang sangat besar. Lalu ke mana air itu pergi? Saat ini hal itu masih menjadi misteri. Kemungkinannya, semua air di Mars menghilang karena ada perubahan iklim global yang disebabkan oleh matahari. Mars Global Surveyor juga menemukan kristal air di dalam tanah.



Fakta-fakta mars
         Diduga Mars memiliki sungai bawah tanah.
         Mars sangat mirip dengan bumi. Selain lembah dan gunung,
         Mars juga memiliki es di kedua kutubnya.
         Foto permukaan Mars dipotret dari Viking Lander Tanahnya berarna merah karena mengandung oksida besi.
         Mars memiliki atmosfer tipis yang dipenuhi karbondioksida.
         Kawah yang terlihat di foto adalah Argyre Basin. Ukuran diameternya 500 km.
         Perubahan musim di Mars dapat dilihat dari perubahan ukuran tudung es
This approximate true-color image, taken by the Mars Exploration Rover Opportunity, shows the view of  Victoria Crater from Cape Verde.  It was captured over a three-week period, from October 16 - November 6, 2006.






2.      Jupiter
Jupiter  adalah planet terbesar di tata surya. Selain ukuran, Jupiter juga memiliki massa yang besar.  Bila semua planet yang lain digabungkan, massanya masih kalah dengan Jupiter. Bahan penyusun Jupiter sama dengan matahari. Karenanya, ada yang menganggap Jupiter sebagai bintang yang gagal. Seandainya massa Jupiter lebih besar, temperatur dan tekanan di inti akan cukup untuk menghasilkan energi internal dan Jupiter akan menjadi bintang katai coklat (kita akan memiliki dua matahari!). Saat ini temperatur di inti Jupiter 30000 C. Akibat radiasi panas dari inti dan proses pengerutan (diameter Jupiter berkurang satu milimeter per tahun), panas yang dihasilkan Jupiter 1.7 kali lebih besar dari yang seharusnya.
Teleskop ruang angkasa Hubble menangkap bibit badai  yang terekam pada tanggal 9-10 Mei 2008 namun baru dirilis rekamannya minggu lalu. Ukurannya Meski belum diumumkan ukurannya, badai tersebut masih lebih kecil daripada dua badai lainnya, the Great Red Spot dan Red Spot Jr. the Great Red Spot yang merupakan badai terbesar memiliki ukuran sama dengan diameter Bumi. Badai ketiga terbentuk di atmosfer Planet Jupiter (paling kiri atas) di latitude yang sama dengan Red Spot Jr. (tengah) dan the Great Red Spot (paling besar).
  Komet Shoemaker-Levy 9
Tidak seperti komet lain yang mengorbit di dekat matahari, komet Shoemaker-Levy 9 mengorbit Jupiter selama 20 tahun. Namun di tahun 1992, komet ini bergesekan dengan atmosfer Jupiter bagian atas dan pecah menjadi 20 bagian (bawah). Pecahan komet ini akhirnya menumbuk Jupiter di tahun 1994, meninggalkan bekas berupa bintik hitam seukuran bumi (kanan).

Fakta-fakta Jupiter
         Planet ini merupakan planet gas terdekat dengan matahari sekaligus planet terbesar di tata surya.
         Cincin Jupiter sangat tipis. Meski lebarnya 6500 km, tebalnya hanya 10 km.
         Cincin ini hanya bisa terlihat jika kita berada di dekat Jupiter, paling tidak 63 satelit.
         Data tentang Jupiter dikumpulkan oleh Voyager dan Galileo
         Kanan: bawah Di Jupiter juga ada aurora, sama seperti di bumi.
         Jupiter juga mengalami perubahan fase Jupiter Sama seperti bumi dan planet-planet lainnya,.

3.      Saturnus

Saturnus adalah planet terunik setelah bumi. Jika bumi menjadi tempat satu-satunya yang bisa dihuni manusia, Saturnus adalah satu-satunya planet yang bisa mengapung di atas air (sayangnya, tidak ada laut yang cukup besar untuk menampung Saturnus). Selain itu, Saturnus memiliki cincin yang terang dan dapat diamati dengan jelas. Cincin ini memiliki diameter 270000 km atau 22 kali diameter bumi. Namun ketebalan cincin ini hanya beberapa puluh meter. Jika diameter cincin kita analogikan dengan panjang lapangan baseball, ketebalannya akan sama dengan kertas pembungkus rokok. Semula diduga cincin ini terbentuk 3,8 milyar tahun yang lalu, bersamaan dengan pembentukan Saturnus. Namun belakangan, teori ini terbantahkan. Dari kecerlangannya, diperkirakan usia cincin baru beberapa ratus juta tahun. Hingga kini, proses pembentukan cincin Saturnus masih menjadi misteri.
Cincin Satrunus berubah kemiringannya dari tahun ke tahun. Adakalanya cincin Saturnus ‘menghilang’ (foto keenam dari atas). Karenanya, astronom abad ke-17 dan 18 salah menduga cincin saturnus sebagai dua planet kecil di kiri dan kanan Saturnus.
Cincin Saturnus terbuat dari debu-debu es. Karena pengaruh gravitasi dan proses yang terjadi saat pembentukan planet, debu es ini membentuk cincin. Karena gravitasi pula terjadi gap (daerah kosong) diantara cincin (di foto terlihat sebagai garis-garis hitam). Cincin ini menjulur 6.630 km hingga 120.700 km atas khatulistiwa Saturnus, dan terdiri daripada bebatuan silikon dioksida, oksida besi, dan partikel es dan batu.
Saturnus memiliki 59 bulan, 48 diantaranya memiliki nama. Banyak bulan Saturnus yang sangat kecil, dimana 33 dari 50 bulan memiliki diameter lebih kecil dari 10 kilometer dan 13 bulan lainnya memiliki diameter lebih kecil dari 50 km.[19] 7 bulan lainnya cukup besar untuk, dimana bulan tersebut adalah Titan, Rhea, Iapetus, Dione, Tethys, Enceladus dan Mimas. Titan adalah bulan terbesar, lebih besar dari planet Merkurius dan satu-satunya bulan di atmosfir yang memiliki atmosfir yang tebal. Hyperion dan Phoebe adalah bulan terbesar lainnya, dengan diameter lebih besar dari 200 km.
Di Titan, bulan terbesar Saturnus, bulan Desember tahun 2004 dan bulan Januari tahun 2005 banyak foto Titan diambil oleh Cassini-Huygens. 1 bagian dari satelit ini, yaitu Huygens mendarat di Titan.

Fakta-fakta Saturnus
         Saturnus memiliki cincin yang indah
         Cincin Satrunus berubah kemiringannya dari tahun ke tahun
         Cincin Saturnus terbuat dari debu-debu es
         Saturnus memiliki 59 bulan, 48 diantaranya memiliki nama
         Titan adalah bulan terbesar
         Saturnus juga merupakan planet  terjauh yang bisa dilihat dengan kasat mata
         Saturnus diketahui memiliki angin yang sangat kencang, kedua setelah Neptunus

4.      Uranus
Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang terbesar ketiga dan terberat keempat dalam Tata Surya. Uranus komposisinya sama dengan Neptunus, dan keduanya mempunyai komposisi yang berbeda dari raksasa gas yang lebih besar, Jupiter dan Saturn. Karenanya, para astronom kadang-kadang menempatkannya dalam kategori yang berbeda, "raksasa es". Atmosfer Uranus, yang sama dengan Jupiter dan Saturnus karena terutama terdiri dari hidrogen dan helium, mengandung banyak "es" seperti air, amonia dan metana, bersama dengan jejak hidrokarbon.Atmosfernya itu adalah atmofer yang terdingin dalam Tata Surya, dengan suhu terendah 49 K (−224 °C). Atmosfer planet itu punya struktur awan berlapis-lapis dan kompleks, dan dianggap bahwa awan terendah terdiri atas air, dan lapisan awan teratas diperkirakan terdiri dari metana.Kontras dengan itu, interior Uranus terutama terdiri atas es dan bebatuan

Fakta-fakta Uranus
         Ditemukan oleh William Herchel di tahun 1781, Uranus adalah planet dengan urutan ke tujuh dari matahari.
         Mempunyai komposisi yang berbeda
         Atmosfer Uranus terutama terdiri dari hidrogen dan helium
         planet ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata
         Uranus memiliki 27 satelit, yang terbesar diantaranya Oberon, Titania, Umbriel, Ariel & Miranda.

5.      Neptunus
Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari. Ditemukan th 1846 oleh Johann Gottfried Galle.Voyager 2, th 1989, menemukan cincin. Ada 13 satelit diketahui. Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan Matahari sebesar 4.450 juta km. Neptunus memiliki diameter mencapai 49.530 km dan memiliki massa 17,2 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam., sedangkan periode revolusi adalah 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya. Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit, di antaranya Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

Fakta-fakta Neptunus
         Planet ini ditemukan pada tahun 1846 oleh John Adams, Urban Laverrier dan Galle
         Planet ini ditemukan melalui perhitungan matematis setelah mengetahui bahwa orbit uranus menyimpang dari lintasan yang seharusnya akibat gangguan planet lain
         Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit
         Memiliki angin yang sangat kencang

6.      Planet kerdil
            Selain kedelapan planet-planet diatas, tatasurya juga beranggotakan 5 planet kecil yang dinamakan Planet Minor atau Planet Kerdil
J:\Rayhan 2010\makemake_size_sm.jpgDefinisi planet kerdil :
  1. Mengorbit Matahari
  2. Mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan benda tegar (rigid body) sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk ekuilibrium hidrostatik (hampir bulat)
  3. Belum "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood - mengosongkan orbit agar
tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar  orbitnya.
Bukan merupakan satelit sebuah planet  atau benda angkasa nonbintang lainnya



www.gunadarma.ac.id

 sumber : PPT Ahmad zulfahmi HAAJ  ke 2 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar