Kamis, 04 Oktober 2012

Implementasi Grafik Komputer Dan Pengolahan Citra Di Kehidupan Sehari-Hari



Dewasa ini, grafik komputer sangat penting digunakan dan diterapkan, karena mengikuti jaman sekarang yang mengikuti teknologi yang sudah semakin canggih dan sangat cepat berkembang. Grafik Komputer adalah seperangkat alat Hardware dan Software untuk membuat atau merealisasikan grafik, gambar, game, foto, dan video animasi. Grafik komputer sangat berperan penting pada Game Technology yang akhir-akhir ini atau mungkin setiap masanya selalu digemari oleh setiap kalangan dari anak-anak sampai dewasa. Grafik dari game technologi disinipun semakin bersaing, tiap perusahaan-perusahaan yang mengkomersilkan Video Game semuanya berlomba-lomba untuk menampilkan yang terbaik dalam produksi video game nya. Oleh karenanya pengelolaan citra pun terjadi didalamnya, pengelolaan-pengelolaan pencitraan terjadi dalam memilih warna yang baik, unsur-unsur dimensinya, grafik-grafiknya, dan lain-lainnya. Itu salah satunya yanng mungkin harus dipertimbangkan dan dikembangkan oleh seorang programer game technology dalam memproduksi video-video game yang berkualitas dan yang akan dikomersilkan. Jadi keterkaitan di kedua unsur grafik & peneglolaan citra komputer dengan game technology ini sangatlah tinggi dan tidak bisa terpisahkan keduanya salaing melengkapi seperti sistem dan memang pada akhirnya keduanya terbentuk menjadi sebuah sistem.


Implementasi Grafik Komputer Pengelolaan Citra dengan Game Technology. 
Implementasi adalah proses untuk mewujudkan rumusan-rumusan atau rencana-rencana menjadi suatu tindakan yang nyata. Menurut Pressman dan Wildavsky Implementasi adalah Proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk mencapainyaImplementasi memerlukan jaringan pelaksana, birokrasi yang efektif.









  • Evektifitas Implementasi ditentukan oleh kemampuan untuk membuat hubungan dan sebab-akibat yang logis antara tindakan dan tujuan.

  • Dalam hal ini mungkin sangat banyak unsur-unsur dari grafik komputer & pengelolaan citra yang dapat dikembangkan dan diimplementasikan kepada Game Technology.  Semakin besar grafik dan pengelolaan citra yang diciptakan untuk membuat Game semakin besar pula spesifikasi-spesifikasi recuirment yang dibutuhkan oleh Device itu sendiri. Jika spesifikasi device itu dibawah yang di inginkan maka sistem tidak akan berjalan dengan baik dan sempurna. 

    Grafik computer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan computer. Perbedaan antara grafik computer dengan pengolahan citra, gambar diinput ke dalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik computer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal. 

                Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam menciptakan aplikasi grafik.Borland C++ Builder menyediakan beberapa algoritma untuk mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata.Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.

    Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik






    Ini sebagian contoh dari grafik computer dalam kehiduapan sehari-hari, diantaranya: 




  • Bidang Hiburan, seperti pada film yang grafik computer menghasilkan efek animasi yang baik.
  • Bidang Pendidikan,  digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
  • Computer Art, hasilnya dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo lukisan abstrak, desain interior dan eksterior, dsb.
  • Video Game, aplikasi yang beredar dipasaran mulai dari yang sederhana 2 dimensi seperti tetris hingga yang rumit 3 dimensi dan memerlukan resource banyak seperti winning eleven.

  • Dan ini merupakan contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  •  Bidang Kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan pada tubuh.






  • Bidang Visual, digunakan untuk pemotretan lewat satellite, GPS, foto kamera, dll.



  • Mikroskop Elektron,  salah satu pengolahan citra dalam ilmu kedokteran, mikroskop ini merupakan yang dapat memperbesar detail sangat kecildengan kekuatan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan electron sebagai sumber penerangannya.


  • Contoh aplikasi lainnya :
    * pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
    * penilaian pertanian dan monitoring
    * manajemen pantai dan sumber daya laut
    * explorasi mineral
    * explorasi minyak dan gas
    * manajemen sumber daya hutan
    * perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
    * pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
    * oseanografi fisik
    * pemetaan topografis dan geologis
    * pemetaan dan pendeteksian es laut


    www.gunadarma.ac.id

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar